6 Tips Cara Memasak Daging Sapi, Empuk dan Wangi!

Daging merah seperti sapi, kerbau, maupun kambing biasanya menjadi bahan favorit untuk diolah saat ada momen spesial seperti hari raya maupun kumpul keluarga. Apalagi, daging merah biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menjadi empuk saat dimasak, maka dari itu, kali ini kita akan mengulas cara memasak daging sapi.

Hal ini terkadang membuat kita jadi lebih boros dalam penggunaan gas dan memakan waktu yang cukup banyak. Nah, untuk kalian yang mungkin hanya punya sedikit waktu, di bawah ini kami akan berikan beberapa tips cara memasak daging sapi biar cepat empuk. Yuk simak.

1. Gunakan Bahan Asam

Gunakan Bahan Asam

Bahan asam seperti jeruk nipis bisa membantu kita membuat daging sapi lebih empuk dan mudah diolah. Elemen jeruk nipis ini harus dilakukan dengan hati – hati karena bisa mempengaruhi rasa daging.

Atau, kalian juga bisa menggunakan cuka dan baking soda untuk mengempukkan daging. Mengoleskan soda kue pada permukaan daging bisa meningkatkan kadar pH. Hal ini bisa membuat protein daging lebih sulit terikat sehingga teksturnya lebih empuk dan juicy.

Cara menggunakannya cukup mudah, olesi permukaan daging dengan soda kue selama 10 – 20 menit. Lalu simpan ke dalam kulkas dan bilas sebelum digunakan.

2. Bungkus Dengan Daun Pepaya

cara agar daging sapi empuk

Salah satu cara alami dan mudah yang bisa kalian lakukan agar daging cepat empuk adalah dengan menggunakan daun pepaya. Daun pepaya sendiri memiliki kandungan enzim alami yang fungsinya untuk memecah protein di dalam daging sehingga bisa menjadi lebih empuk.

Triknya juga mudah, kalian tinggal mengambil daun pepaya, bersihkan dengan air mengalir, keringkan, lalu jadikan sebagai pembungkus daging. Usahakan tiap bagian daging terbungkus dengan baik lalu diamkan selama sekitar 1 jam. Setelah itu daging siap diolah.

3. Manfaatkan Uap Panas

Manfaatkan Uap Panas

Uap panas bisa menjadi jalan keluar untuk kalian yang sedang mencari cara memasak daging biar tidak bau. Apalagi, memanfaatkan uap panas juga tak membuat kita boros gas loh. Jika ingin mempraktekkan trik ini, kuncinya adalah jangan membuka tutup panci dan gunakan stopwatch di handphone agar pengukuran waktunya lebih tepat.

Didihkan air dan rebus daging merah selama 5 menit dalam panci tertutup. Setelah itu, matikan kompor dan diamkan daging di dalam panci selama 30 menit. Lalu, nyalakan kembali kompor dan rebus daging selama 7 menit.

4. Lumuri Dengan Jus Nanas

cara memasak daging sapi

Selain daun pepaya, buah nanas juga bisa dijadikan sebagai penolong jika kita mendapatkan daging yang keras. Nanas juga memiliki enzim alami yang bisa membuat daging merah jadi lebih cepat empuk.

Cara menggunakannya juga mudah. Buah nanas tinggal kalian haluskan atau di jus lalu lumuri ke daging merah dan diamkan selama 30 menit. Banyak yang menggunakan cara memasak rendang daging sapi satu ini agar rendang mereka lebih cepat empuk.

Setelah didiamkan selama 30 menit, daging bisa kalian masak sesuai selera. Kalau mau lebih praktis, kalian juga bisa menggunakan jus nanas sebagai salah satu bahan marinasi. Pastikan proses marinasi cukup 30 menit agar tekstur dan rasa daging tidak berubah.

5. Potong Berlawanan Serat Daging

cara memotong daging sapi yang benar

Cara memasak daging sapi agar lembut saat dimakan bisa dilakukan dengan teknik memotong yang benar. Coba kalian perhatikan daging sapi yang kalian punya. Kalian pasti akan bisa melihat serat yang memanjang di daging.

Agar dagingnya lebih empuk, kalian bisa memotong daging berlawanan arah dengan serat dagingnya. Tujuannya adalah untuk membuat serat lebih pendek sehingga daging lebih cepat empuk saat dimasak dan mudah dikunyah saat dimakan.

6. Diamkan Daging di Suhu Ruangan

cara memasak daging sapi yang benar

Jika kalian menyimpan daging di freezer, sebaiknya simpan di rak bawah terlebih dulu dalam wadah tertutup sejak malam sebelumnya. Setelah itu, sekitar 30 menit sampai 1 jam sebelum memasak, kalian bisa mengeluarkan daging dan kulkas dan tetap simpan di dapur dalam wadah tertutup.

Mendiamkan daging pada suhu ruangan dapat membantu suhu dagingnya turun perlahan – lahan dan stabil sehingga teksturnya lebih empuk secara merata. Sambil menunggu daging merah lebih empuk, kalian bisa menyiapkan bahan masakan lainnya.

Keempukan daging tak akan seperti saat menggunakan dan pepaya atau buah nanas. Namun cara ini terbilang jauh lebih mudah dan gak ribet.

Beberapa cara di atas bisa kalian coba lakukan untuk membuat daging sapi kalian lebih mudah diolah. Namun, tetap harus dengan teknik yang tepat ya agar rasa daging tidak berubah. Semoga bermanfaat.

Artikel yang Direkomendasikan